1. LPUBTN merumuskan semangat baru dalam menciptakan kinerja pelayanan yang efektif dan efisien dengan menjelmakan infrastruktur yang operasional dalam menjalankan rencana induk Keuskupan Agung Semarang (2015-2035) dan membuka seluas-luasnya kerjasama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan kesejahteran bersama.
  2. Satu langkah pening dalam pengembangan karya LPUBTN adalah dibentuknya John Dijkstra Institute (JDI) sebagai lembaga pendidikan kader penggerak pembangunan pedesaan yang mampu mengembangkan potensi lokal untuk mencapai kesejahteran bersama.
  3. Investasi paling penting dalam pembangunan berkelanjutan adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia dengan kecerdasan mengembangkan setiap peluang menjadi kesempatan meningkatkan kesejahteraan. Untuk itu kebijakan LPUBTN adalah mengutamakan pendidikan alternatif berbasis kompetensi yang mengembangkan sumber daya alam dan menciptakan kesempatan belajar dan bekerja untuk tercapainya kesejahteraan bersama.
  4. Wilayah kerja: daerah-daerah pemukiman masyarakat marginal, baik di pedesaan dan perkotaan di wilayah Jawa Tengah, DIY dan terutama bagi buruh, tani dan nelayan.
  5. Kegiatan: perbaikan-perbaikan sarana hidup, pendampingan sosial ekonomi, pengembangan peran perempuan pesisir/pedesaan, advokasi hukum dan buruh, pendidikan penggerak sosial ekonomi lokal, kampanye kepedulian intelektual muda terhadap persoalan sosial, krisis, bencana dan lingkungan hidup, pembangunan pusat informasi perdagangan hasil-hasil lokal.
  6. Kaderisasi pendamping buruh tani dan nelayan, pemuda pelopor buruh tani dan nelayan, wirabeasiswa, riset oleh kaum mudah, dan pembangunan pedesaan.
  7. Model organisasi: horisontal terbuka, ramping fleksibel, jaringan kelompok mandiri untuk mendukung tumbuhnya organisasi lokal serupa yang menjadi mitra kerja dan mitra usaha buruh, tani dan nelayan.

Sumber : LPUBTN

 
Axact

Inamedia

Media Bagi Sesama.

Tulis komentar:

0 comments:

Silakan isi komentar, isi diluar tanggung jawab kami.
Mohon menjaga etika dan saling menghormati.

Salam Inspirasi