Dokter-dokter Kompasianer, Siapa itu Dokter Sumantri Ownie?




08 Mar 2014 | 06:09


Media massa sedang ramai memberitakan bahwa ayah tersangka Hafitd dalam kasus pembunuhan mantan pacarnya Ade Sara adalah dokter Sumantri Ownie yang pernah terlibat kasus aborsi di tahun 2009 silam.

Iseng-iseng saya mencari berita di tahun 2009 itu dan menemukan berita Detik.Com tentang penggerebekan klinik aborsi di Warakas Tanjung Priok tempat Ownie berpraktik.

Pada akhir Juni 2009, Tempo Interaktif memberitakan persidangan terdakwa dokter Ownie yang mendekati saat vonis serta menyebutkan bahwa jaksa menuntut terdakwa dengan hukuman penjara 1.5 tahun.

Saya belum menemukan tautan berita tentang vonis yang akhirnya dijatuhkan kepada dokter Ownie.

Tapi saya menemukan posting di milis Yahoo “Forum Diskusi Kedokteran Indonesia” tertanggal 11 November 2009 (beberapa bulan saja sejak pemberitaan Tempo tentang vonis kasus aborsi tersebut) yang berasal dari “Ownie Ahmad Sumantri”

Saya juga menemukan akun Twitter yang saya duga milik dokter Ownie. Di dalam akun itu terlihat bahwa tweet pertamanya tertanggal 21 Des 2010.

Bila benar pemilik akun di milis Yahoo dan/atau Twitter itu adalah dokter Ownie, maka mungkin vonis yang dia terima lebih ringan dari 1.5 tahun atau mungkin bebas? Mungkin rekan-rekan Kompasianer yang berprofesi sebagai dokter mempunyai informasi tentang dokter Ownie ini?

Semoga saja ada yang bisa memberi penjelasan, apakah dokter Ownie divonis bersalah atau bebas? Bila divonis bersalah (berapa pun hukumannya) apakah memang secara etis, dia bisa dibenarkan untuk praktik kembali (mendapat izin dari PB IDI)?
Dibaca : 510 kali

Sumber :  http://m.kompasiana.com/post/read/637848/3/dokter-dokter-kompasianer-siapa-itu-dokter-sumantri-ownie.html
Axact

Inamedia

Media Bagi Sesama.

Tulis komentar:

0 comments:

Silakan isi komentar, isi diluar tanggung jawab kami.
Mohon menjaga etika dan saling menghormati.

Salam Inspirasi